Ingin tulisan anda dibaca banyak orang. Kirimkan tulisanmu disini

7 Hal yang Wajib Disiapkan Menjelang Pesta Pernikahan


photo by Igor Mokhovyk

Pernikahan adalah momen yang sangat istimewa. Pernikahan adalah wujud dari ungkapan rasa cinta yang sebenarnya. Semua orang pastinya mengidamkan acara pernikahan yang sempurna. Mulai dari persiapan printilan hingga tempat diinginkan sesempurna mungkin.

Tetapi tak jarang kita selalu dibuat bingung dengan apa saja yang dipersiapkan ketika akan mengadakan pesta pernikahan, apalagi jika budget kita tidak cukup tinggi untuk menyewa jasa WO. Betul apa betul?

Banyak pasangan muda yang masih bingung harus dimana dan kemana mencari referensi biaya pesta pernikahan. Nah, disini mimin coba merangkum total anggaran biaya yang harus dikeluarkan untuk melaksanakan pesta pernikahan tanpa jasa WO. Eitss, sebelum kita lanjut ke persiapan pesta, apakah sobat Redakturan sudah selesai mempersiapkan dokumen dokumen syarat menikah? Jika belum bisa di lihat di sini. Jika sudah siap semua dokumennya-dokumennya, yuk langsung saja kita simak rangkuman apa saja persiapan dan anggaran biaya pesta pernikahan.



Tempat Pesta Pernikahan

Tempat pelaksanaan pesta pernikahan memegang peran penting dalam keberlangsungan pesta. Tempat pelaksanaan pesta dibagi menjadi dua yaitu rumah dan gedung. Masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tetapi kembali lagi pada kebutuhan Redakturian semua.

  • Rumah

Jika mengadakan pesta di rumah ada beberapa kelebihan yang bisa di dapat. Yang pertama waktu penerimaan tamu bisa lebih panjang. Tamu yang datang dari luar kota bisa lebih rilex dalam menentukan jam kedatangan. Selain itu, biaya sewa tenda dan dekor bisa lebih terjangkau. Tetapi bukan berarti mengadakan pesta di rumah juga tanpa kekurangan. Jika mengadakan pesta di rumah ada beberapa kemungkinan yang dapat terjadi. Yang pertama adalah harus minta izin ke RT/RW setempat jika ada penutupan jalan untuk kepentinagan pesta. Yang kedua, suara sound system bisa saja mengganggu tetangga tetangga. Untuk biaya mengadakan pesta di rumah adalah;

  • Sewa tenda+meja kursi+dekorasi+alat makan            = 7 juta – 9 juta

*Untuk informasi detail bisa klik di sini.

  • Gedung

Berbeda dengan pesta di rumah. Menyewa gedung pernikahan relative lebih mudah. Kita tidak perlu dihadapkan dengan pengurusan izin RT/RW atau takut mengganggu tetangga. Dekorasi pun biasanya sudah disiapkan oleh pihak gedung. Tetapi tak jarang pula dekorasi kita sendiri yang harus mencari. Tergantung gedung yang kita tuju dan keperluan masing masing kita. Tetapi menyewa gedung juga ada beberapa kekurangan. Yang pertama, budget yang dikeluarkan untuk menyewa sedikit lebih tinggi. Yang kedua, waktu penyewaan biasanya lebih singkat, antara 2 -4 jam. Untuk biaya yang harus dikeluarkan jika ingin menyewa gedung pernikahan adalah;

  • Sewa gedung saja tanpa dekor dan catering               = 3,5 juta – 11 juta

Note: Sewa gedung tergantung dengan lokasi dan kapasitas tamu undangan. Untuk ukuran standard dengan kapasitas 1.000 tamu, biaya sewa rata rata 7 juta.

*Informasi detail jasa vendor sewa gedung bisa klik di sini

 

Catering

Catering menjadi bagian terpenting ke dua setelah tempat. Persiapan catering harus disiapkan sebaik mungkin karena kedepannya yang menjadi penilaian dari tamu adalah segi catering. Mulai dari rasa, tampilan, hingga kuantitas catering harus mendapat perhatian ekstra. Bayangkan jika di tengah tengah acara tiba tiba catering habis, gimana komentar tamu undangan yang tidak kebagian? Atau masakan keasinan dan hambar? Hmm.

Ada dua cara dalam menyiapkan catering. Yang pertama yaitu masak sendiri dan kedua menggunakan jasa vendor catering. Masing masing mempunyai kekurangan dan kelebihan. Yang pertama masak sendiri, biaya yang dikeluarkan bisa lebih hemat tetapi kita akan lebih repot dalam menyiapkan makanan. Yang kedua menggunakan jasa vendor yang tentunya lebih simple, tetapi biaya yang dikeluarkan lumayan mahal.

Perkiraan biaya yang dikeluarkan untuk catering adalah;

  • Masak sendiri untuk 1.000 tamu undangan                = 10-13 juta
  • Jasa vendor catering untuk 1.000 tamu undangan      = 15-25 juta

*Untuk informasi detail jasa vendor catering bisa klik di sini.


Dekorasi

Setelah tempat dan catering, selanjutnya adalah dekorasi. Dekorasi memberikan kesan khusus pada suasana pesta pernikahan. Dekorasi yang biasa diguakan bisa bernuansa adat, rustic, modern, dll. Untuk dekorasi sendiri mempunyai kisaran harga yang berbeda tergantung tempat diselenggarakannya acara. Biaya sewa dengan tempat pesta di rumah dan di gedung akan berbeda karena biasanya setting panggung gedung akan lebih besar dari panggung di rumah. Perkiraan biaya yang dikeluarkan untuk dekorasi adalah;

  • Di rumah                     = 2-4 juta
  • Gedung                       = 7-10 juta

*Untuk detail pilihan model dekorasi rumah bisa di klik di sini.

*Untuk detail pilihan model dekorasi gedung bisa di klik di sini.


Make up dan Busana

Selanjutnya adalah make up dan busana. Di bagian ini, sobat Redakturian harus berhati hati dalam memilih jasa make up dan busana. Jangan tergiur dengan penawaran harga murah, karena bisa jadi kualitas make up dan busana kurang bagus. Inget lho, penampilan pengantin harus perfect di depan kamera. Jangan sampai ketika di foto hasilnya kurang maksimal, terutama bagi perempuan. Disini mimin memberikan referensi harga standard make up dan busana,

  • Make up+busana pengantin ganti 3 kali         = 2,9 juta-5 juta

*Untuk pemilihan make up dan busana di sini.


Undangan

Undangan menjadi senjata kita untuk mendatangkan tamu. Bayangkan jika kita sudah menyiapkan segala sesuatunya mulai dari tempat, catering, dekorasi, hingga make up dan busana tetapi lupa dengan undangan. Nggak asyik kan ehehe.

Undangan tidak perlu bermewah mewah yang terpenting adalah maksud dan tujuan undangan tersampaikan. Jangan sampai kita udah cetak undangan tetapi salah menuliskan alamat, bisa hilang semua tamu kita. Hehehe. Harga undangan standard adalah;

  • Undangan perlembar                           = 3 ribu

*Untuk harga undangan terbaru bisa cek di sini.

 

Fotografi dan Videografi

Setelah semuanya siap, sekarang giliran fotografi. Yaps, jasa foto sangat diperlukan untuk mengabadikan momen momen pesta pernikahan. Untuk pemilihan jasa fotografi dan videografi harus jeli ya sobat Redakturian! Pasalnya nggak mau kan kalau momen special menjadi momen menggerutu dikemudian hari karena hasil jepretan dan video kurang memuaskan. Sebelum menentukan jasa fotografi dan videografi harus lebih sering sering mencari informasi dan kepoin semua akun media sosial penyedia jasa fotografi dan videografi ya gengs! Bandingin sebanyak banyaknya penyedia jasa mulai dari harga, hasil jepretan, dan review kepuasan konsumen. Jangan lupa tanya tanya ke temen supaya lebih banyak  referensi. Biasanya sih cewek paling jago kalo masalah gini. Ehe

Perkiraan jasa fotografi dan videografi

  • Fotografi 1 roll                                                = 350 ribu – 500 ribu
  • Tambah roll                                                     = 100 ribu/roll
  • Foto pre wedding                                            = 250 ribu/free cetak foto+figura
  • Videografi                                                       = 2,5 juta – 4 juta

*Untuk informasi jasa fotografi dan videografi termurah bisa cek di sini.


Souvenir

Souvenir disini mimin taruh di tempat paling bungsu ya karena tidak semua orang menambahkan souvenir di dalam daftar persiapan pernikahan. Fungsi dari souvenir sendiri adalah memberika kenang kenangan kepada para tamu undangan berupa benda agar dikemudian hari mereka ingat kembali dengan momen pernikahan kita. Untuk harga souvenir sangat tergantung dari kemampuan kita ya gengs. Kalau mau kasih souvenir super mahal hingga jutaan seperti pernikahan Atta dan Aurel ya monggo! Ehe. Kalau mau kasih souvenir minimalis seperti pernikahanku ya monggo. Ehehe. Disini mimin coba kasih referensi harga standard souvenir.

  • Souvenir handuk/gelas/botol minum                           = 3 ribu – 7 ribu

*Untuk harga detail dan pilihan souvenir bisa klik di sini atau di sini.


Gimana Redakturian, sangat jelas bukan? Jika kurang jelas, di bawah sudah mimin sediakan rincian biaya pesta pernikahan di rumah dan gedung. Sekarang waktunya kalian eksekusi. Kalau perlu, simpan artikel ini untuk dijadikan referensi persiapan pesta. Supaya lebih jelas tentang info atau harga detail dari printilan pesta pernikahan diatas, sobat Redakturian bisa langsung klik link yang tertera atau hubungi mimin langsung pada kontak yang tersedia. Atau kalau sobat Redakturian malu malu kucing untuk menghubungi langsung, bisa komen pada kolom yang telah disediakan.

Mimin doakan segala persiapan pesta pernikahan sobat semua diberi kelancaran sampai dengan hari-H. Amiinn. Selebihnya supaya tuhan yang mengarahkan.

Oh ya, untuk referensi yang mimin gunakan adalah harga di kota Surabaya. Mimin yakin seluruh kota di Indonesia mempunyai kisaran harga yang sama, kalaupun selisih masih di batas wajar.


Baca juga: Menuju Jenjang Pernikahan

Baca juga: Langkah Mengurus Dokumen Nikah Terlengkap


Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak!
Karena kedewasaan tercermin dari apa yang keluar dari mulut dan perilaku.
Termasuk juga jempol saktimu