Ingin tulisan kamu menghasilkan uang? Klik link inik

Tips Menentukan Penyedia Jasa Fotografi di Pesta Pernikahan

 


Fotografi menjadi bagian yang sensitive karena dapat menyampaikan sebuah emosi dalam momen tertentu melalui gambar. Momen yang tepat ditambah kualitas foto yang bagus akan membangkitkan kenangan kita terhadap suatu peristiwa. Apalagi sebuah momen yang special, wajib rasanya diabadikan sebaik baiknya. Tidak mau kan kalau suatu waktu nanti kita menyesal karena kualitas foto tidak sesuai dengan yang kita harapkan?

Nah, disini mimin coba merangkum kiat kiat menentukan pilihan penyedia jasa fotografi agar nantinya tidak menyesal di kemudian hari. Tapi, sebelum kita memulai membahas tips memilih vendor fotografi, ada baiknya sobat redakturian membaca 7 hal yang wajib disiapkan menjelang pesta pernikahan agar persiapan pesta pernikahan sobat semua makin mudah.

 

Tentukan budget

Ketika menjelang pesta pernikahan, uang adalah masalah yang paling sensitive. Kita harus berhati hati ketika mengatur pengeluaran selama mempersiapkan pernikahan. Jangan sampai over budget sehingga bagian bagian yang lain malah terlewatkan.

Sama halnya ketika memilih jasa vendor fotografi. Ukur dulu kemampuan budget kita. Kalau keuangan kita baik, tidak ada salahnya kita memilih jasa fotografi yang mahal. Tapi jika budget kita terbatas, usahakan pemilihan jasa vendor termurah tetapi memiliki kualitas bersaing.

Lantas ada pertanyaan, bagaimana cara mengukur harga jasa fotografi murah atau mahal? Mudah saja. Patokan standart jasa fotografi adalah 400rb – 800rb. Jika harga jasa fotografi di atas itu sudah termasuk mahal.

 

Tentukan fokus foto

Fokus foto juga harus ditentukan agar nantinya hasil yang didapat sesuai dengan apa yang kita harapkan. Fokus yang dimaksud disini adalah gambaran dasar hasil foto yang kita inginkan. Misalkan kita ingin hasil foto fokus di aktifitas pengantin, berarti obyek utama fotografi adalah pengantinnya. Atau misalkan fokus utamanya adalah suasana pesta pernikahan, yang menjadi obyek utama tentunya suasana pesta termasuk keluarga besar dan tamu. Atau misalkan fokus kita adalah momen pernikahan, maka fokus kita adalah suasana sedih, haru, atau senang di pesta pernikahan.

Gambaran fokus foto yang telah kita tentukan ini nantinya yang akan menentukan pilihan kita terhadap penyedia jasa fotografi.

 

Kenali karakter penyedia jasa fotografi

Perlu diketahui, bahwa masing masing penyedia jasa fotografi mempunyai karakter yang berbeda. Karakter yang ditonjolkan menggambarkan fokus apa yang fotografer tersebut dalami. Misalnya fotografer yang terbiasa memotret di dalam gedung, ketika mereka memotret di area outdoor seperti di rumah hasil yang didapatkan akan berbeda. Begitu pun sebaliknya.

Berbeda lagi jika penyedia jasa fotografi tersebut terbiasa memotret aktifitas tertentu dengan tema spesifik, mereka akan kurang maksimal jika diminta untuk menangkap emosi dari obyek foto yang akan dipotret. Kepekaan mereka dalam menyampaikan emosi sebuah foto akan berbeda.

Sebagai pemisal, mas Azizwycha terbiasa memotret model yang diarahkan. Kepekaan mas Aziz dalam mengarahkan obyek foto sangat bagus. Dia juga mahir menghasilkan foto berkualitas dengan alat pendukung yang telah di setting sedemikian rupa.

Lain halnya dengan mas Rega etika, dia terbiasa memotret di ruang terbuka. Kepekaannya dalam mengatur komposisi warna dan pencahayaan sangat tinggi. Selain itu, dia juga terbiasa dengan memotret model dengan ekspresi natural.

 

Sekarang bagaimana cara menentukan karakter penyedia jasa fotografi yang sesuai dengan tema kita? Mudah saja, perhatikan langkah langkah berikut;

Periksa semua hasil foto mereka satu persatu. Biasanya penyedia jasa fotografi membagikan hasil foto mereka di akun media sosialnya seperti Instagram atau Facebook. Kita dapat dengan mudah mendapatkannya.

Hubungi penyedia jasa fotografi. Langkah ini bertujuan untuk meminta informasi detail tentang keahlian utama dari penyedia jasa fotografi. Jangan segan menelefon atau DM mereka di akun media sosialnya. Mereka akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan yang diajukan. Walaupun pada akhirnya mungkin kita tidak menggunakan jasa mereka.

 

Kenali layanan yang akan diberikan

Setelah mendapatkan informasi tentang karakter penyedia fotografi, sudah saatnya kita menentukan siapa yang akan kita pilih. Setelah ditentukan, gali semua informasi layanan yang mereka tawarkan. Apakah sesuai dengan fokus tema kita ataupun budget yang kita sediakan.

Layanan yang paling umum ditawarkan adalah jasa fotografi selama acara berlangsung dan cetak foto sebanyak 1 roll. Biasanya juga ditawarkan jasa upgrade layanan berupa tambahan jumlah cetak foto atau tambahan jam jasa fotografi. Tentunya dengan upgrade layanan, biaya yang harus dikeluarkan akan bertambah.

Setelah informasi layanan yang ditawarkan telah kita kumpulkan, sekarang catat semua kebutuhan  yang kita perlukan. Catat juga jasa upgrade layanan fotografi yang kita inginkan.

 

Buat perjanjian yang mengikat

Langkah terakhir adalah membuat perjanjian tertulis. Mungkin sebagian orang akan berfikir, ah tidak perlu lah, mereka bisa diandalkan kok! Tapi tetap harus diingat bahwa penyedia jasa fotografi juga bisa melakukan kesalahan. Disamping itu kita juga menjaga supaya apa yang kita dapatkan sesuai dengan pelayanan mereka. Walaupun penyedia jasa fotografi tersebut adalah teman kita sendiri, tak ada salahnya menciptakan hubungan yang lebih professional dengan teman. Betul?

 

Jika semua langkah sudah sobat Redakturian pahami, kini saatnya kita buat rangkuman langkah langkahnya;

Yang pertama, tentukan budget dulu, seberapa besar budget yang akan kita keluarkan untuk jasa fotografi.

Yang kedua, tentukan fokus tema. Langkah ini akan memberikan gambaran bagaimana hasil foto yang kita harapkan.

Yang ketiga, kenali karakter penyedia jasa fotografi. Langkah ini membantu kita menentukan penyedia jasa fotografi yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.

Yang keempat, kenali jenis layanan yang akan diberikan. Ini akan membantu anda dalam menentukan layanan yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Yang kelima, buat perjanjian tertulis. Hal ini yang akan menjamin layanan yang akan kita terima.

 

Ingat sobat Redakturian! Jangan hanya tergiur dengan hasil foto yang bagus yang di pajang di media sosial penyedia jasa fotografi. Bisa jadi bidang fokus atau keahlian utama mereka tidak sesuai dengan tema yang kita harapkan.

 

Atribusi khusus

Azizwycha 

Rega etika

 

Baca juga: Tips menentukan penyedia jasa fotografi pre wedding

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak!
Karena kedewasaan tercermin dari apa yang keluar dari mulut dan perilaku.
Termasuk juga jempol saktimu
© Lifestyle. All rights reserved. Developed by Jago Desain