Ingin tulisan kamu menghasilkan uang? Klik link inik

Tips Menentukan Penyedia Jasa Fotografi Prewedding

photo by Elena Jursina


Heyho Redakturian! kali ini kita akan mencoba memberikan beberapa tips tentang pemilihan jasa fotografi untuk mendokumentasikan prewedding manteman. Tapi sebelum lebih jauh membahas tentang tips memilih jasa fotografi untuk pesta pernikahan, sudahkah manteman baca artikel 7 Hal Yang Wajib Disiapkan Menjelang Pesta Pernikahan? Kalau belum, dibaca dulu ya supaya bisa membuat whishlist apa saja yang musti disiapkan menjelang pesta pernikahan. Disitu juga udah mimin sertain perincian hitungan serta besaran biaya untuk menyewa gedung, dekor, hingga pakai jasa fotografi.

Prewedding photo session menjadi momen yang istimewa bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Biasanya, pada momen ini pasangan yang akan menikah akan terlihat sangat cantik dan tampan. Nanti setelah menikah mereka akan sibuk membangun rumah tangga baru mereka sehingga perhatian terhadap penampilan masing masing berkurang. Sangat betul ya! Hehehe. Nah, agar momen spesial dapat diabadikan sebaik mungkin, dibutuhkan persiapan yang baik pula. Butuh persiapan ekstra agar hasil foto prewedding memuaskan.

Disini mimin akan membagikan tips menentukan penyedia jasa fotografi prewedding. Yuk langsung saja simak😉

Tentukan budget

Mimin selalu mengingatkan pentingnya memperhatikan bugdet saat mempersiapkan segala keperluan pernikahan. Bukan tanpa alasan, tetapi kita tidak mau jika di momen yang spesial nantinya terganggu akibat ketersediaan budget. Walaupun keuangan kita berlebihan, lebih baik lagi jika kita mempunyai target pengeluaran yang detail agar nantinya tidak timbul masalah setelah menikah.
Setiap jasa fotografi menawarkan harga pelayanan yang bervariasi. Mulai dari harga termurah hingga termahal. Mulai dari harga pelayanan ratusan ribu hingga ratusan juta semua ada. Nah, disini tugas sobat Redaktur  tentukan dulu seberapa budget yang rela kita keluarkan untuk prewedding.
Biaya jasa fotografi di setiap sangat bervariasi. Antara kota A dan kota B mempunyai standard harga masing masing. Bahkan didalam satu kota yang sama harga standard jasa fotografi bisa berbeda. Disini mimin memakai patokan standard harga foto prewedding di Surabaya. Harga termurah yang ditawarkan adalah 500rb. Itu sudah termasuk biaya cetak foto ukuran 16R. Kebetulan ketika foto prewedding nya mimin, mas Azizwycha sedang ada promo pandemi. Harga yang diberikan jauh di bawah standard. Tapi jangan khawatir, hingga saat inipun promo masih berlangsung. Syaratnya mengaku saja sebagai sobat Redakturian, otomatis potongan harga akan diberikan. Wow!!

Tentukan tema yang sesuai

Selanjutanya adalah tentukan tema. Ada banyak tema yang dapat dipilih mulai dari kasual, formal, kontemporer, dll. Tetapi kembali lagi, tema yang baik adalah tema yang sesuai dengan harapan kita. Disini kalian harus berdiskusi dengan pasangan kalian tentang tema apa yang akan dipakai.
Jika ingin memakai tema fotografi formal, kasual, atau kontemporer pastikan kalian sudah dapat referensi yang cukup tentang kesan apa yang akan disampaikan dalam foto prewedding.
Disini kalian juga tentukan kostum, make up, aksesoris, dll yang diperlukan. Catat semua dan jadikan sebuah draft sehingga mudah dipahami.

Gali semua informasi tentang penyedia jasa fotografi

Setelah penentuan tema, kini saatnya riset masing masing penyedia jasa fotografi. Perlu diingat bahwa masing masing fotografer mempunyai karakter foto dan fokus keahlian yang berbeda. Pastikan pilihan penyedia jasa foto yang kalian pilih memenuhi kriteria tema yang kalian inginkan. Jangan hanya berpatokan pada hasil jepretan bagus yang ditampilkan di akun media sosial mereka karena kembali lagi bahwa hasil foto bagus belum tentu sesuai dengan tema yang kalian buat.
Seperti yang sudah mimin bahas di Tips Menentukan Jasa Penyedia Jasa Fotografi di Pesta Pernikahan bahwa riset karakter dan fokus keahlian fotografer sangat diperlukan untuk memaksimalkan hasil foto yang sesuai dengan harapan kita.
Banyak penyedia jasa fotografi memajang karya mereka di akun media sosialnya. Manfaatkan itu. Jika kurang jelas tentang detail informasi, kirim pesan kepada mereka.


contoh karya mas Azizwycha


Tentukan tempat, diskusikan dengan penyedia jasa fotografi

Setelah riset penyedia jasa fotografi selesai, saatnya kalian tentukan jasa fotografer terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah sekarang diskusikan tempat pengambilan foto prewedding bersama dengan penyedia jasa fotografi. Jangan lupa tanyakan rekomendasi tempat terbaik dari penyedia jasa fotografi. Sang fotografer pastinya banyak tau tentang karakter tempat dan kondisi yang sesuai. 

Buat perjanjian tertulis

Yang terakhir dan yang paling penting. Pastikan kalian membuat perjanjian secara tertulis agar masing masing kewajiban dan hak dapat diterima sesuai dengan yang diharapkan.Nggak mau kan kalau tiba tiba di hari H sesi pemotretan, si penyedia fotografi malah nggak dateng.


Gimana Redakturian, jelas ya! Kalau sudah jelas, sekarang kita rangkum langkah langkahnya agar  lebih mudah diaplikasikan;

  • Yang pertama, tentukan budget dulu ya sebelum melangkah lebih jauh!
  • Yang kedua, tentukan tema terbaik yang kita harapkan.
  • Yang ketiga, gali semua informasi tentang penyedia jasa fotografi. pastikan kalian memahami fokus keahlian dari penyedia jasa fotografi ya!
  • Yang keempat, tentukan tempat pemotretan. Ingat, tempat terbaik sesi pemotretan adalah yang sesuai dengan tema yang kita inginkan.
  • Dan yang terakhir, buat perjanjian tertulis agar tidak timbul kekecewaan di akhir.



Atribusi khusus


Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak!
Karena kedewasaan tercermin dari apa yang keluar dari mulut dan perilaku.
Termasuk juga jempol saktimu
© Lifestyle. All rights reserved. Developed by Jago Desain