Ingin tulisan kamu menghasilkan uang? Klik link inik

Pengguna Baru IPhone Harus tau Ini


photo by Saiful Ardianto

Siapa yang tak kenal dengan iPhone? Sebuah merk ponsel terkenal asal Amerika. iPhone merupakan salah satu produk andalan dari perusahaan raksasa teknologi Apple Inc. Jutaan orang di seluruh dunia telah menjadi pengguna setia iPhone.


iPhone terkenal dengan harganya yang selangit. Bayangkan saja, harga satu ponsel iPhone bisa digunakan untuk membeli 2 hingga 3 ponsel android. Bahkan untuk seri terbaru iPhone dibanderol dengan harga hingga puluhan juta rupiah. Pantas saja disebut sebagai ponsel sultan.


iPhone menawarkan sistem keamanan tingkat tinggi. Bahkan menurut kabar, FBI pun tak sanggup membobol sistem keamanannya. Hal ini sepadan dengan biaya mahal riset yang dikeluarkan. Perlu diketahui, Apple Inc menggelontorkan dana yang sangat besar untuk riset pengembangan sistem keamanan dan kualitas kamera.


Nah sobat Redakturian, itu adalah beberapa fakta dari iPhone besutan Apple Inc. Tetapi dibalik sebuah kesempurnaan pasti ada saja celah kelemahan dan kekuarangan termasuk juga dengan iPhone. Sekarang kita coba akan mengulas beberapa kelebihan dan kekurangan yang sering dijumpai oleh pengguna setia iPhone.

Baca jugaBTS vs Kurt Cobain, atau BTS = Kurt Cobain


Kelebihan

Desain dan tampilannya mewah

Yang menarik dari iPhone adalah tampilan dan desainnya yang terlihat mewah. Dari logo sudah mencerminkan kemewahan sebuah ponsel pintar. Apple sangat menjaga kualitas tampilan dari produk produknya sehingga terlihat ekslusif. Sejak pertama peluncuran iPhone, desain dan tampilannya langsung menjadi standard tampilan ponsel pesaing-pesaingnya.


Ketika pertama kali iPhone mengusung model layar poni pada seri X, produsen ponsel android berbondong-bondong menerapkan model layar yang sama pada produknya. Begitu pula ketika pertama iPhone meluncurkan model kamera persegi yang kemudian menjadi trendsetter ponsel pesaingnya.


Ram kecil tapi anti lemot

Sudah menjadi rahasia umum jika iPhone tak pernah dibekali RAM besar. Bayangkan saja, seri terbaru iPhone saja hanya dibekali kapasitas RAM sebesar 4 hingga 6 GB saja. Tentu kapasitas ini sangat kecil jika dibandingkan dengan kapasitas RAM ponsel android yang bisa mencapai 16 GB.


Tapi jangan salah, meskipun iPhone dibekali dengan RAM yang terbilang kecil, kualitas prosesornya tak bisa di anggap lemot. Hal ini dikarenakan manajemen prosesor iPhone lebih baik dibandingkan android. Sistem operasi iPhone dirancang hanya dapat membaca dan menjalankan aplikasi dari perangkat yang diizinkan oleh pihak Apple. Di samping itu, sistem manajemen memori ditangani oleh aplikasi bukan pada sistem operasi perangkat.


Hal ini berbeda dengan sistem operasi android yang dirancang untuk membaca dan menjalankan segala jenis aplikasi. Ini menyebabkan sistem android harus bekerja ekstra untuk mengkonfigurasi aplikasi dengan berbagai perangkat software. Hal ini pula yang menyebabkan android di bekali dengan kapasitas RAM lebih besar untuk mengakomodir kinerja Virtual Machine pada android agar berjalan dengan lancar.


Kamera no kaleng-kaleng

Kualitas kamera iPhone tak pernah mengecewakan penggunanya. Banyak selebgram yang memanfaatkannya untuk membuat konten video dan foto. Kamera iPhone terkenal dengan kualitas hasil gambar yang jernih dan jelas. Hal ini disebabkan karena kamera pada iPhone mendapat perhatian khusus dari Apple. Berbeda dengan kebanyakan ponsel android yang lebih mengutamakan resolusi dalam pengembangannya, iPhone lebih menaruh perhatian kepada sensor kamera. Hal ini terbukti lebih efektif karena dengan memperbesar sensor kamera, cahaya yang ditangkap lebih maksimal dan mengurangi noise pada hasil jepretan.


Harga jual kembali bersaing

Harga jual kembali iPhone terbilang cukup bersaing. Ini dikarenakan setiap produk iPhone mempunyai spesifikasi eksklusif. Disamping itu, harga seri terbaru iPhone yang masih dibanderol dengan harga mahal sehingga para pengguna yang menginginkan iPhone dengan harga yang relatif murah memilih ponsel bekas. Karena tingginya minat pengguna iPhone, harga jual kembali iPhone masih terbilang tinggi.

Baca juga: Pendidikan, Penting atau Tidak?


Kekurangan

Harganya selangit

iPhone memang terkenal dengan harganya yang selangit. Bayangkan saja, harga satu iPhone keluaran terbaru bisa mencapai puluhan juta rupiah. Wow


Tak mengherankan apabila iPhone hanya bisa dimiliki beberapa orang dengan dompet ekstra tebal. Bagi orang yang dompetnya belum mencukupi terpaksa harus gigit jari. Padahal kalau dilihat dari segi market share, golongan menengah kebawah memiliki jangkauan pasar yang sangat luas.


Tidak bisa share foto melalui Bluetooth

Kelemahan iPhone selanjutnya adalah tidak bisa mengirim file lewat bluetooh. Padahal iPhone sendiri telah membekali perangkatnya dengan bluetooh, tapi anehnya tidak dapat difungsikan untuk mengirim file baik foto, video dan file lainnya. Hal ini dikarenakan bluetooh pada iPhone difungsikan sebagai penyambung ke perangkat pemutar musik seperti speaker aktif, penyambung, penyambung airpods, penyambung hotspot wifi personal saja. Untuk mengirim file, Apple menggunakan Airdrops.


Aksesoris iPhone nggak kalah mahal

Selain harga ponselnya yang selangit, harga printilan-printilannya nggak kalah mahalnya. Bayangkan saja, untuk membeli earphone kita harus menyediakan uang 550 ribu. Belum lagi jika  kita ingin membeli adaptor dan kabel charger iPhone, harganya bisa mencapai 800 ribu. Wow.
Apalagi printilan aksesoris iPhone terkenal rawan rusak. Hmmm, gimana nggak cepet jebol kantong kita kita. Ehe


Itu tadi kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada iPhone. Bagi pengguna baru yang ingin menggunakan iPhone atau sebelumnya menggunakan android dan ingin berpindah menggunakan iPhone, perlu diketahui bahwa sistem dan pengalaman menggunakan iPhone sangat berbeda dengan ponsel android dan windows phone. Sebelum anda memutuskan untuk berpindah hati ke iPhone, pertimbangkan beberapa hal yang sesuai dengan kebutuhan kalian.



Atribusi khusus

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak!
Karena kedewasaan tercermin dari apa yang keluar dari mulut dan perilaku.
Termasuk juga jempol saktimu
© Lifestyle. All rights reserved. Developed by Jago Desain