Ingin tulisan kamu menghasilkan uang? Klik link inik

Cara Memanfaatkan Canva Untuk Meraup Uang Part 1

Setidaknya, saya sudah 2 tahun menggunakan Canva dari yang awalnya iseng ingin coba desain blog hingga kini bisa menghasilkan rupiah dari Canva.

Bagi yang belum mengenal apa itu Canva, Canva adalah salah satu tools/aplikasi yang digunakan untuk membuat desain grafis baik untuk pemula hingga profesional. Tak perlu keahlian khusus untuk bisa membuat desain menarik di Canva. Anda hanya butuh selera desain grafis dan mau belajar saja sudah cukup.

Pada awalnya aku menggunakan Canva untuk kebutuhan blog saja. Karena banyak stok foto di internet yang terikat dengan hak cipta. Ditambah lagi jika ingin menggunakan foto dari penyedia stok foto Shutterstock dan sejenisnya musti mengeluarkan biaya setiap pembelian foto. Tentunya itu menjadi kendala karena belum mempunyai anggaran untuk membeli stok foto.

Setelah beberapa bulan menggunakan Canva seiring meningkatnya skill desain grafis, muncul peluang peluang dari desain grafis yang sangat mungkin dikerjakan dengan Canva. Akhirnya aku mulai menawarkan jasa desain grafis.

Pertama aku tawarkan dari mulut ke mulut, termasuk rajin membuat status di IG dan WA. Setelah mulai banyak yang menggunakan jasaku, aku mulai membuat akun di salah satu toko online. Dan ternyata saingannya lumayan banyak. Banyak yang membuka jasa desain grafis menggunakan Canva di toko online. Dan rata rata dari mereka menggunakan template yang sudah disediakan di Canva. 

Tak kehabisan akal, aku mulai riset akun toko online yang menyediakan jasa desain grafis dengan Canva. Hingga merelakan beberapa ratus ribu untuk membeli jasa mereka untuk membandingkan pelayanan mereka.

Dan hasil riset yang aku dapatkan adalah kebanyakan dari mereka hanya menjual template yang ada di Canva. Dengan sedikit edit warna dan tata letak saja, selebihnya tanpa merubah desain asli template. Ditambah lagi deskripsi produk yang cenderung asal asalan. Mungkin karena mereka malas mengetik atau mungkin  mereka beranggapan pembeli jasa mereka malas membaca.

Aku sadar betul bahwa dalam dunia jasa meyakinkan kustomer adalah yang nomor satu. Salah satu caranya ya dengan copywriting yang tepat. Kustomer tentu akan dengan teliti membaca deskripsi jasa apa yang akan digunakan.

Disini aku menguatkan point di copywriting karena menulis memang salah satu kelebihanku. Aku memanfaatkan sisi ini untuk meyakinkan calon kustomer. Selebihnya desain template Canva aku rubah sesuai dengan kreatifitasku.

Setelah beberapa minggu, masuk orderan pertama. Nominalnya memang tak seberapa, namun cukup untuk mengiklankan produk beberapa hari kedepan. Cara ini aku ulangi hingga beberapa minggu sambil menguatkan sistem pelayanan ke kustomer. Hingga pada bulan pertama sistem pelayanan sudah bagus dan jasa sudah mulai dikenal. Hingga kini sudah banyak kustomer yang menjadi kustomer setia.

Kesimpulan yang bisa aku dapat adalah bahwa meyakinkan kustomer adalah langkah awal untuk menjual jasa. Setelah itu memperbaiki pelayanan kepada kustomer. Dijamin, meskipun kalian hanya menggunakan Canva, jika kustomer puas dengan pelayanan kita, mereka akan menggunakan jasa kita di kemudian hari.

Baca juga: fakta unik yang harus kalian tahu minimal sekali seumur hidup

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak!
Karena kedewasaan tercermin dari apa yang keluar dari mulut dan perilaku.
Termasuk juga jempol saktimu
© Lifestyle. All rights reserved. Developed by Jago Desain