Ingin tulisan anda dibaca banyak orang. Kirimkan tulisanmu disini

8 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Touring

photo by bro Dana


Rasa kantuk menjadi masalah serius ketika sedang di jalan. Satu detik saja kita kehilangan kesadaran saat kantuk menyerang dapat berakibat sangat fatal. Sering terjadi kecelakaan karena rasa kantuk yang sudah tidak tertahan lagi. Kebanyakan dari mereka mengalami micro sleep atau kondisi dimana kita tertidur sesaat karena terlalu lelah saat di jalan.

Ada baiknya ketika kita sudah merasakan kantuk yang sudah tak tertahan, beristirahatlah sebentar. Carilah tempat yang nyaman untuk mengistirahatkan badan. Kalian bisa beristirahat sejenak di pom bensin terdekat atau toko retail Indomaret.

Tapi bagaimana jika kita ingin cepat-cepat mencapai tujuan touring? Mungkin karena tidak mau tertinggal teman-teman atau ingin memburu suatu momen spesial seperti sun rise. Di sini mimin punya tips jitu cara mengatasi rasa kantuk di perjalanan ketika touring. Mimin sudah mewawancarai bro Dana sang creator dari Beruang Madu channel, seorang penggila touring yang pastinya sudah mempunyai banyak pengalaman di jalan. Terlebih bro Dana adalah seorang solo rider yang senang menjelajah seorang diri. Yuk, langsung saja kita simak tips darinya.


Isitrahat cukup sebelum touring

Sebelum memulai touring, pastikan kalian sudah mendapat istirahat yang cukup. Usahakan kurangi aktifitas fisik berlebih sebelum memulai touring. Tetap lakukan olahraga kecil agar badan tetap fit. Penyebab rasa kantuk di jalan adalah kurangnya jam tidur efektif, jadi usahakan tidur lebih awal dan hindari meminum kopi dalam jumlah banyak.


Hindari makanan berminyak

Ketika beristirahat sejenak ditengah touring, usahakan menghindari segala jenis makanan yang mengandung minyak berlebih. Terlebih lagi makanan yang memiliki kadar lemak tinggi seperti gorengan dan sejenisnya karena jenis makanan tersebut dapat memicu kantuk lebih cepat. Utamakan mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat karena dapat membantu meningkatkan konsentrasi.


Minum banyak air putih

Konsumsi air minum dapat mencegah kita dari dehidrasi. Kurangnya asupan air minum berpengaruh terhadap asupan oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Dampaknya tubuh akan cepat merasa lelah dan mengantuk. Untuk menghindari tubuh dari dehidrasi selalu siapkan air putih siap minum agar tubuh kita tidak mengalami kekurangan cairan. Tidak ada anjuran pasti apakah air minum harus dingin atau suhu ruang, tergantung selera kalian semua.


Sentuh langit-langit mulut dengan lidah

Mungkin terdengar agak aneh, tapi bro Dana telah membuktikannya. Menyentuh langit-langit mulut dengan lidah akan memberikan rasa geli. Nah, rasa geli ini dapat membantu kita tetap terjaga saat kondisi tubuh kita kelelahan. Rasa geli pada langit-langit mulut akan memberikan rangsangan kepada otak untuk menjaga mata tetap terbuka.


Bernyanyi sekeras mungkin

Ketika mata sudah tidak kuat menahan kantuk, coba bernyanyi sekencang-kencangnya. Nyanyikan lagu favorit kalian dengan suara keras. Gunakan tangan dan kaki untuk mengiringi nyanyian kalian. Cara ini terbilang efektif mengurangi rasa kantuk. Tapi sebelum bernyanyi, pastikan di sebelah kiri kanan kalian tidak ada orang asing ya! Disamping akan terlihat aneh bagi pengendara lain, juga dapat membahayakan pengendara lainnya.


Ubah posisi berkendara

Mengubah posisi berkendara juga dapat membantu menjaga mata tetap terjaga. Mengubah posisi bisa dilakukan dengan cara berdiri berpijak pada foot step motor. Ingat ya, jangan berdiri di atas jok motor! selain berbahaya, kita juga tidak mempunyai jaminan aman saat melakukan posisi ini. Ehe
Sebelum mengubah posisi berkendara, pastikan tidak ada kendaraan didekat kita atau kendaraan dengan kecepatan tinggi di belakang kita.


Siapkan air mineral untuk membasuh wajah

Tips selanjutnya adalah menyiapkan air mineral untuk membasuh wajah. Tips ini tidak pernah gagal membuat mata kita tetap terjaga. Sama halnya ketika kita bangun tidur di pagi hari, membasuh wajah dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa kantuk. Bro Dana selalu menyiapkan sebotol air mineral khusu untuk membasuh wajah ketika tiba-tiba rasa kantuk menyerang ditengah jalan.


Tidur di area aman

Jika seluruh tips diatas masih tidak mempan menghilangkan rasa kantuk, coba tips terakhir yaitu tidur sejenak. Tidur sejenak dapat menghilangkan rasa kantuk yang tidak tertahan. Ingat, selalu cari tempat aman untuk tidur. Karena posisi kita di jalan, usahakan mencari pom bensin terdekat untuk sekedar berbaring dan mengistirahatkan mata. Usahakan semua barang yang kita bawa masih dalam pengawasan walaupun kita sedang istirahat. Jika uang kita berlebih, kita bisa menyewa homestay atau penginapan per jam yang banyak ditawarkan di area wisata. Jika kebingungan mencari, kalian bisa langsung mengecek lokasi penginapan terdekat di Traveloka.com



Itu adalah beberapa tips bagi kalian yang mengalami kantuk saat touring. Semua tips di atas sudah dibuktikan oleh bro Dana dan terbukti efektif menjaga mata tetap terjaga. Jika kalian punya tips ampuh mengatasi rasa kantuk yang tiba-tiba muncul saat touring, bagikan pengalaman kalian pada kolom komentar di bawah.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak!
Karena kedewasaan tercermin dari apa yang keluar dari mulut dan perilaku.
Termasuk juga jempol saktimu