Ingin tulisan anda dibaca banyak orang. Kirimkan tulisanmu disini

Poster Ngasal ala UI

Sudah lihat poster diatas? Gimana, sudah mulai eneg? Atau ketawa sambil jingkrak-jingkrak?

 

Perlu diketahui guys, poster diatas adalah hasil karya tim desain grafis UI. Iya, universitas kebanggaan Indonesia. Kaget kan! Sekelas UI hanya bisa membuat poster se-norak itu.

Dari pandangan pertama saja udah menyakitkan mata. Gimana tidak, antara foto mahasiswa saja tidak rata komposisi warnanya. Ada yang mukanya keliatan terang sekali, ada yang keliatan gelap. Ada yang ketawa lepas, ada yang senyum-senyum aja. Bahkan ada yang pasang wajah siap perang. Ehe. Yang sangat disayangkan, mbak kerudung ungu yang wajahnya ikutan ungu korban dari komposisi saturasi berlebih.

Apakah ini salah satu efek dari kuliah online selama ini? Kalau emang iya, berarti kondisi pendidikan Indonesia sedang tidak baik-baik saja!

Baca juga: Pendidikan, Penting atau Tidak?


Tapi tunggu dulu, jangan terlalu cepat berasumsi. Setelah dilihat lebih teliti ternyata ada udang main petak umpet di batu. Ada maksud terselubung dari UI menerbitkan poster penyambutan maba seperti diatas. Banyak bagian yang sengaja diberantakkan supaya terlihat mencolok di mata pemirsa. Apa saja bagian yang berantak itu?


Foto mahasiswa

Seperti yang dibahas diatas. Komposisi warna, ekspresi, dan pose pada foto mahasiswa sangatlah kacau. Bahkan kesan asal tempel kuat diperlihatkan. Coba kita analisa dari ujung kiri atas dulu. Mas-mas yang pasang wajah kek mau nantangin orang. Sementara mbak  disampingnya malah pasang wajah senyum manis.

Ada lagi mas-mas yang di bawah tengah, wajahnya putih sekali akibat terlalu banyak menambahkan efek cahaya. Sementara mbak di samping kiri yang menoleh kearahnya seolah memberi kesan menertawakan dia.

Si mbak pakai kerudung ditemani mas-mas diatasnya, wajahnya merona merah akibat terlalu banyak menambahkan efek saturasi. Sementara mas yang pakai kacamata kelihatan hitam sekali.


Font

Terhitung ada 5 jenis font berbeda yang digunakan. Umumnya, font yang digunakan pada sebuah poster tidak lebih dari 3 jenis agar fokus pembaca tidak teralihkan. Tetapi pada poster ini menggunakan font dengan banyak macam dan dengan ukuran yang berbeda beda. Masing masing font diberi ukuran berbeda beda sehingga menampilkan kesan ditempel seenaknya saja.


Background

Jika dilihat sekilas, background yang digunakan mirip-mirip sinetron azab Indosiar. Background menampilkan warna biru cerah didominasi dengan awan. Tak lupa sorot cahaya muncul dari atas, ya walaupun diletakkan agak miring ke kiri. Dari keseluruhan desain seakan menampilkan kesan sang mahasiswa sedang berada di surga atau apalah yang tinggi-tinggi.

 


Jika dilihat poster diatas memang menyakiti mata. Apalagi jika yang melihat ahli desain grafis. Tapi, ada suatu hal yang ingin disampaikan UI kepada masyarakat dunia maya. Dari poster diatas memang sengaja diberantakan tetapi pada bagian-bagian tertentu malah digarap sedemikian detail. Contohnya saja rambut, yang biasa edit foto pasti tau gimana susahnya memotong dan merapikan bagian rambut. Dari foto mahasiswa diatas, bagian rambut diberi perhatian khusus bahkan diedit sangat rapi.


Yang kedua, logo UI disebelah kiri dan logo kampus merdeka belajar disebelah kanan. Walaupun desain poster terkesan berantakan, pada bagian logo ditata sedemikian rapi sehingga kesan profesional tetap terjaga.

Yang ketiga, font yang digunakan. Walaupun banyak jenis font yang digunakan, tetapi informasi tetap dapat dengan cepat didapat ketika sekilas melihat poster tersebut. Seperti contoh tulisan www.ui.ac.id, sengaja diberi font dan ukuran berbeda agar menonjolkan identitas UI.


Dari keseluruhan desain dan trik editing yang digunakan dalam membuat poster, ada satu hal yang sangat menarik yang tentunya menjadi tujuan utama tim Penerimaan Mahasiswa Baru UI yaitu menarik atensi dari masyarakat.


Pada dasarnya, UI telah mempunyai pakem desain dan template media sosialnya. Nah, ketika UI mencoba untuk keluar “jalur” maka semuanya menjadi heboh. Poster yang terlihat dikerjakan asal asalan ternyata telah melalui rapat dan riset yang panjang. Mereka telah memperkirakan output dari poster yang mereka kerjakan. Dan memang tujuan dari tim penerimaan mahasiswa baru UI telah mencapai hasilnya. Para calon mahasiswa baru seakan disambut gegap gempita masyarakat online yang riuh memperhatikan poster “ngasal” ala UI.

Baca juga: BTS vs Kurt Cobain atau BTS = Kurt Cobain?


Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak!
Karena kedewasaan tercermin dari apa yang keluar dari mulut dan perilaku.
Termasuk juga jempol saktimu