Ingin tulisan anda dibaca banyak orang. Kirimkan tulisanmu disini

Menulis itu membosankan, Tapi...

Bagi kalian siapa saja di luar sana yang ingin menghasilkan uang dari menulis, baca artikel ini hingga selesai


Percayalah, menulis adalah kegiatan yang membosankan. Hanya orang nganggur yang mau menulis. Menulis hanya bagi mereka yang cupu dan kudet.
Percayalah, jika menulis tak bisa membuat masa depanmu cerah. (ucap seseorang yang kesehariannya hanya scroll Tiktok, IG, FB dan sejenisnya).

Jika kalian masih berfikiran seperti itu, segera deh ubah mindset kalian. Upgrade mental kalian untuk melihat manfaat dari menulis. Karena dari menulis, kalian akan mendapatkan sesuatu yang tidak bisa didapatkan hanya dari scroll Tiktok, IG, FB dan sejenisnya.

FYI, banyak kok tokoh keren yang besar dari menulis. Sebut saja Andrea Hirata, J.K. Rowling, Sir Arthur Conan Doyle, yang karya tulisannya telah diakui dunia.
Bahkan ada juga orang biasa yang dapat menghasilkan uang jutaan hingga miliaran rupiah dari menulis. Wow!

Kemudian ada orang yang bilang Lah itu kan mereka, saya kan nggak bisa menulis. Mending bekerja yang giat atau memulai usaha saja! 

Benar juga sih, nggak salah kok mereka yang berfikiran seperti itu. Keinginan untuk menulis harus muncul dari dalam diri sendiri. Kalau dia nya nggak ingin menulis, ya apa boleh buat!

Tapi bagi kalian siapa saja di luar  sana, baik yang suka menulis ataupun anti dengan segala yang berbau tulisan, baca artikel ini sampai selesai. Karena kalian akan mendapatkan sudut pandang baru tentang dunia tulis-menulis.

Manfaat


#Seni berlatih merangkai kata

Menulis bukan hanya sekedar aktifitas yang membosankan. Menulis adalah sarana melatih kinerja otak. Semakin sering kita menulis, semakin sering pula otak kita berlatih merangkai kata kata.
Bagi kalian yang menggeluti bidang pekerjaan seperti MC, Entertainer, bahkan pemimpin, skill merangkai kata sangat dibutuhkan. Penggunaan kalimat efektif mutlak dibutuhkan agar materi pembicaraan tidak terkesan bertele-tele.


#Berlatih menyusun rencana yang terstruktur

Sadar nggak ketika kalian menulis, ada sebuah pattern sederhana?
Di dalam tulisan pasti terdapat pembuka, isi dan penutup. Apapun tulisannya, pattern ini jangan sampai terlupakan.
Ketika kalian menulis kalian akan dipaksa untuk membuat awalan, isi, dan penutup yang menarik dan saling terhubung satu sama lain. Ini bertujuan agar tulisan kalian tidak amburadul dan terkesan asal asalan.

Semakin sering kalian menulis, kemampuan kalian dalam merencakan pembuka, isi, dan penutup yang nyambung akan semakin terasah. Hal ini akan berdampak pada keseharian kalian. Percayalah, dengan sendirinya kalian akan terbiasa merencanakan kegiatan harian kalian.

Bisa jadi ketika kalian merencanakan sebuah kegiatan, kalian akan dengan detail merencanakan keseluruhan kegiatan agar berjalan menarik karena kalian sudah tau bagaimana cara menyusun awalan, isi, dan penutup yang menarik.


#Menjadi orang yang teliti

Tau kan bentuknya huruf? Kecil kecil dan monoton. hehehe
Tetapi dibalik itu, huruf yang bentuknya itu itu saja dapat melatih ketelitian kita loh. 

Typo atau kesalahan dalam menulis memang tidak begitu nampak ketika sudah dalam bentuk sebuah paragraf yang panjang, Tetapi Typo akan berakibat fatal jika sudah masuk ke ranah tulisan yang sensitif.
Sebagai contoh sederhana saja, di grup WA sering sekali muncul berita duka. Seringkali muncul teks dengan tulisan Semoga almarhum/almarhumah khusnul khotimah dan diterima disisiNya. Jika kita lebih teliti, kata Khusnul adalah kebalikan dari kata Husnul yang jika diartikan Khusnul adalah akhiran yang tidak baik. Kalau sudah salah doa seperti ini bagaimana dong?


#Dikenal orang banyak

Percayalah bahwa menulis adalah salah satu cara kita dikenal dunia. Menulis sama saja kita telah menciptakan karya. Semakin banyak tulisan kita, kesempatan untuk dikenal orang akan semakin besar.

Jika tulisan kalian bermanfaat bagi orang lain, pahala akan mengalir kepada kalian. Dan ini tidak akan terputus sampai kapanpun hingga tulisanmu hilang dari media apapun.


#Bonus mendapat penghasilan dari menulis

Di awal sudah disebutkan bahwa banyak orang yang dapat menghasilkan uang dari kegiatan menulis. Tetapi mengapa uang dari menulis dikatakan bonus?

Menulis dan mencari uang adalah dua kegiatan yang berbeda. Menulis adalah kegiatan membagikan manfaat kepada diri sendiri dan orang lain. Sementara mencari uang adalah kegiatan mencari keuntungan untuk diri sendiri.

Jika kegiatan mencari keuntungan dicampurkan dengan kegiatan menebar manfaat, niscaya manfaat tidak akan diterima baik oleh audiens. Jadi sebelum memulai menulis, bangun mindset seorang penulis yang siap menebar manfaat kepada orang banyak. Niscaya rejeki yang salah satunya berupa uang akan dengan sendirinya mengalir ke rekening kita. Hehehe

Bahkan, tidak menutup kemungkinan juga apabila kalian memutuskan untuk menjadikan kegiatan menulis sebagai sarana kalian mencari uang. Itung-itung sambil menyelam minum air, pahalanya dapet uangnya juga dapet. Hehehe


Apa saja sih pekerjaan yang dapat dilakukan oleh seorang yang gemar menulis?

Pekerjaan seorang penulis


#Content writer

Menjadi seorang content writer membutuhkan skill menulis yang mumpuni. Kalian dituntut untuk mengenalkan sebuah produk, jasa, atau apapun itu kepada audiens. Kalian dituntut untuk paham dengan seluk beluk produk  yang kalian kerjakan.
Jasa content writer sangat dibutuhkan oleh perusahaan perusahaan dari skala kecil hingga internasional. Kalian dapat menawarkan jasa kalian kepada perusahaan yang membutuhkan.

#Copy writer

Hampir mirip dengan content writer, copy writer adalah kegiatan menulis content yang bertujuan mempengaruhi orang untuk melakukan trasaksi terhadap produk yang sedang kita kerjakan. Kemampuan dasar yang diperlukan adalah menciptakan kalimat yang persuasif.
Jasa copy writer sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Copy writer berperan penting dalam meningkatkan jumlah penjualan produk. Jadi jangan khawatir jika kalian memiliki skill ini!

#Freelance content writer

Sama dengan content writer pada umumnya, hanya saja freelance content writer menjual tulisannya ke platform yang membutuhkan. Sebagai contoh, kita menjadi member writer di salah satu platform seperti Mojok.co. Kita akan mendapat sejumlah uang apabila pihak Mojok.co menyatakan tulisan kita layak  dimuat.
Jika kita menekuni  kegiatan ini, uang yang didapatkan lumayan banyak loh.


#Blogger

Menjadi seorang blogger bukan hanya tentang curhat di blog saja. Kalian dapat mendaftarkan blog kalian pada penyedia jasa iklan seperti adsense dari google.
Selain itu, kalian juga bisa bekerja sama dengan blogger atau penyedia produk dan jasa yang sejalan dengan niche/tema blog kalian.


#Penulis buku

Menjadi seorang penulis buku adalah pilihan yang mulia. Bagaimana tidak, jika dihitung manfaat yang kita beri kepada orang lain sangatlah banyak.
Kalian bisa menjadi seorang penulis novel, penulis cerpen, puisi, atau buku pelajaran sekolah tergantung minat kalian.
Kalian bisa mendapatkan royalti dari penerbit yang jumlahnya lumayan.


Gimana, menarik bukan menjadi seorang penulis. Jika kalian menekuni bidang ini, niscaya dua keuntungan yang kalian dapat yaitu  menebar manfaat terhadap sesama dan juga bonus uang.
So, yuk belajar menulis!


Dapatkan e-modul cara menjadi content writer profesional yang paling ampuh di sini.

Buruan dapatkan e-modul nya mumpung ada diskon hingga 100rb loh!


Eitss, sebelum check out yuk kepoin dulu produknya di sini

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak!
Karena kedewasaan tercermin dari apa yang keluar dari mulut dan perilaku.
Termasuk juga jempol saktimu