Ingin tulisan kamu menghasilkan uang? Klik link inik

Menjadi Freelance Writer di brisik.id: cara daftar dan potensi penghasilan

photo by brisik.id

Ada 3 kemungkinan kalian klik dan mulai membaca artikel ini;

  • pertama Faktor ketidak sengajaan
  • kedua Kalian ingin belajar menjadi seorang freelance content writer
  • dan, yang ketiga Kalian ingin menghasilkan uang dari menulis.

Saya tidak akan menghakimi bagaimana cara kalian hingga bertemu artikel ini. Jika kalian merasa tulisan ini bermanfaat, silahkan baca sampai habis. Jika kalian ingin orang disekitar kalian mendapat manfaat juga, gunakan tombol share untuk membagikan artikel ini.

Mungkin ada beberapa dari kalian yang sudah pernah mendengar tentang brisik.id, atau minimal pernah muncul sekali di beranda google news kalian entah sadar atau tidak.

Bagi kalian yang tidak tau sama sekali silahkan kunjungi brisik.id untuk mencari informasi lengkap mengenai platform tersebut. Disini saya tidak akan menjelaskan detail tentang brisik.id, saya anggap kalian semua sudah kenal dan tau apa itu brisik.id. SETUJU!

Secara garis besar, brisik.id adalah platform UGC (User Generated Content) yang fokus membahas tentang travel dan kulineran. Disini kalian akan disajikan informasi lengkap mengenai pernak pernik travel dan kuliner dari seluruh pelosok negeri.

Yang spesial dari brisik.id adalah tersedianya kesempatan menjadi contributor writer disini. Siapapun bisa menjadi contributor writer, baik berpengalaman atau newbie asalkan kualitas content yang dibuat sesuai dengan kriteria brisik.id.

Perlu diketahui juga, contributor writer di brisik.id per bulan desember 2021 telah lebih dari 1.500 kontributor. Sangat banyak ya!

Di awal tahun 2021, jumlah contributor writer brisik.id masih di kisaran 300-an. Kemudian di pertengahan tahun contributor writer mulai meningkat semakin banyak hingga mencapai angka sekarang.

Cepatnya peningkatan jumlah contributor writer di brisik.id menandakan bahwa platform ini semakin digemari. Mungkin juga kamu sudah mulai tertarik menjadi contributor writer di brisik.id?

Okay, bagi kalian yang tertarik dan ingin mencoba menjadi contributor writer dan menghasilkan uang di brisik.id simak terus artikel ini hingga selesai

Cara daftar

Cukup mudah membuat akun di brisik.id. Simak langkah langkah di bawah ini

  1. Masuk ke laman www.brisik.id
  2. Pilih Daftar untuk kontributor baru
  3. Siapkan file foto/pdf KTP dan NPWP
  4. Isi data diri, ikuti sesuai instruksi
  5. Lengkapi informasi pembayaran

Jika akun anda sudah jadi, akan muncul menu Panel Contributor. Disini kalian dapat menemukan dashboard, riwayat pendapatan, data contributor, kirim artikel, dan lain lain.

Pada bagian bawah tersedia informasi, FAQ, dan Tips yang berguna sebagai pedoman penulisan artikel. Baca semua informasi tersebut agar tulisan kalian bisa diterima redaktur.

Mengirim artikel

Brisik.id telah menyediakan menu contributor yang digunakan untuk submit artikel kalian. Kalian tidak perlu repot repot mengirimkan artikel by email. 

  1. Kembali ke menu dashboar, pilih Tambah Artikel Baru
  2. Disitu kalian akan menjumpai area ketik. Tuliskan judul dan tulis konten yang akan kalian submit.
  3. Jangan lupa insert foto, video sesuai ketentuan yang tertulis di FAQ halaman pertama tadi.
  4. Lengkapi juga kategori, alamat lengkap, tags, serta koordinat maps tempat yang telah kalian review.
  5. Setelah memastikan tulisan kalian sesuai dengan ketentuan, tekan tombol Kirim ke Editor
  6. Tunggu artikel kalian dikoreksi, biasanya 5 hari. Bahkan ada yang sampai 14 hari baru dikoreksi tergantung jumlah artikel yang masuk.
  7. Setelah artikel kalian diterima dan siap ditayangkan, otomatis saldo contributor kalian akan bertambah. Artinya kalian dapat mengambil uang pembayaran tersebut baik dari dompet virtual atau dari bank.

Sampai disini sudah paham langkah langkah daftar dan pengiriman artikel? Jika sudah kita akan lanjut membahas tentang harga artikel kita jika berhasil ditayangkan oleh brisik.id.

Potensi penghasilan

Artikel+ foto dari sumber lain (bisa dari FB, IG, atau media lainnya) Rp 20,000
Artikel+ foto pribadi dan belum pernah diunggah dimanapun Rp 40,000
Atikel+ foto+ Video pribadi yang belum pernah diunggah dimanapun Rp 60,000

Dari sini sudah dapet gambaran besaran fee yang akan diterima?

Contoh perhitungan yang pertama

Jika kalian rutin mengirim artikel+foto dari sumber lain (minimal 2 hari sekali) potensi penghasilan kalian adalah Rp 20,000 x 15= Rp 300,000

Contoh perhitungan yang kedua

Jika kalian rutin mengirim artikel+foto pribadi yang belum pernah diunggah sebelumnya (minimal 2 hari sekali), potensi penghasilan kalian adalah Rp 40,000 x 15= Rp 600,000

Contoh perhitungan yang ketiga

Jika kalian rutin mengirim artikel+foto+video pribadi yang belum pernah diunggah dimanapun sebelumnya (minimal 2 hari sekali) potensi penghasilan kalian adalah Rp 60,000 x 15= Rp 900,000

note: Diatas merupakan perhitungan 2 hari sekali mengirim artikel dengan alasan estimasi pembuatan tulisan adalah 2 hari. Kalau kalian mau mengirim artikel tiap hari, tinggal dikali 2 hasil diatas.

Perhitungan diatas merupakan minimal, jika kalian rutin mengirim artikel ulasan tiap hari maka pendapatan kalian akan semakin besar.

Itulah cara daftar dan potensi penghasilan menjadi contributor writer di brisik.id. Jika kalian merasa kebingunan dan ingin berpartisipasi, jangan pernah ragu bertanya kepada admin Riri yang dijamin baik hati dan tidak sombong.


Baca juga: Menghasilkan uang dari profesi content writing 


Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak!
Karena kedewasaan tercermin dari apa yang keluar dari mulut dan perilaku.
Termasuk juga jempol saktimu
© Lifestyle. All rights reserved. Developed by Jago Desain