Ingin tulisan anda dibaca banyak orang. Kirimkan tulisanmu disini

Tips Persiapan Sebelum Touring ala Solo Rider



photo by bro Dana


Touring adalah suatu kegiatan bepergian jauh menggunakan kendaraan pribadi. Kendaraan yang biasa digunakan adalah motor atau mobil. Di Indonesia sendiri kegiatan touring telah dilakukan sejak puluhan tahun lalu. Sejak era awal 1900 an  hingga era masuknya produsen kendaraan bermotor.

Touring sering dilakukan dalam sebuah group besar, atau bisa juga dilakukan dalam grup kecil yang berisi 2 hingga 6 orang. Biasanya, touring dalam group besar dilakukan bersama suatu komunitas penghobi touring. Grup yang lebih kecil berisi 2 hingga 6 orang sering disebut sebagai solo touring.

Mengingat jarak yang ditempuh saat touring dapat mencapai ratusan kilometer, pastinya banyak hal yang perlu disiapkan agar nantinya ketika di jalan tidak ada hambatan yang dapat menggagalkan kegiatan touring. Atau minimal dapat mengurangi resiko kerugian di jalan. Nah, apa saja hal yang perlu dipersiapkan itu?

Mimin telah mengumpulkan informasi dari seorang penggila touring yang telah menaklukkaan seperempat aspal di Indonesia. Dia sudah touring dari ujung pulau Jawa hingga pulau Bali dan Lombok. Terlebih lagi dia adalah seorang solo touring yang sangat menikmati bepergian sendiri hingga ke pelosok-pelosok daerah. Yuk langsung saja kita simak tips yang perlu disiapkan dari bro Dana.


Baca juga: suka duka rider saat touring



Pastikan budget touring

Budget menjadi salah satu prioritas ketika akan memulai touring. Ketersediaan uang saku menjadi penting ketika akan memulai perjalanan. Jangan sampai kita kehabisan uang saku ketika di tengah perjalanan.

Besar budget uang saku sangat bergantung dari seberapa jauh rute dan tujuan kita touring. Seberapa lama waktu kita touring juga menjadi bahan perhitungan untuk menentukan budget uang saku. Sebagai contoh lama waktu minimal touring dari Jawa Timur ke Bali adalah 5 hari. Budget yang perlu disiapkan selama perjalanan pulang pergi berkisar antara Rp 700.000. Itu sudah mencakup biaya bensin, makan, penyeberangan, dan sedikit oleh-oleh. Besaran budget tersebut belum termasuk biaya sewa penginapan.

Jika ingin menambah penginapan, pastikan menemukan penginapan dengan harga terbaik. Untuk mendapatkan penawaran penginapan dengan harga terbaik bisa cek langsung di Traveloka. Disitu kalian bisa memilih penginapan yang sesuai dengan budget yang telah kalian siapkan.

Sebelum memulai touring, pastikan budget sesuai dengan tujuan dan lama waktu touring kita. Nggak asyik kan ketika kita sudah berada jauh dari rumah tiba-tiba baru sadar kalau dompet kosong. Ehe



Cek kondisi motor

Setelah budget, hal kedua yang perlu diperhatikan adalah kesiapan kendaraan. Hindari kesalahan kecil pada kendaraan ketika akan memulai touring. Sebuah kesalahan kecil dapat berakibat fatal mengingat kendaraan akan dipacu terus menerus ketika touring.

Pastikan kelistrikan pada kendaraan tidak ada yang konslet. Cek juga daya lampu utama, lampu kota, dan lampu sein kendaraan. Periksa kaki-kaki, roda dan shock breaker. Pastikan roda tidak slip ataupun lapisan ban tipis. Cek kualitas oli mesin dan yang terakhir jangan lupa bawa beberapa cadangan busi, kunci pas, dan obeng agar ketika terjadi drama mogok dijalan dapat segera diatasi.



Pastikan kondisi badan fit

Selain kendaraan, badan juga wajib fit. Nggak mau kan pada saat touring nanti malah nggak bisa menikmati perjalanan karena badan sakit-sakitan!

Ada baiknya periksa kondisi badan di puskesmas atau klinik terdekat. Nggak terlalu mahal kok, biaya cek kesehatan berkisar antara 5 ribu hingga 180 ribu rupiah. Jika ada sakit yang diderita bisa langsung minta resep obat.

Jangan lupa juga bawa beberapa obat obatan ringan seperti tetes mata, obat masuk angin, dan pereda nyeri karena akan sangat dibutuhkan saat perjalanan jauh.



Tentukan tujuan touring

Setelah persiapan dasar telah selesai, sekarang waktunya menentukan tujuan touring. Menentukan tujuan touring ini penting agar kita tau jarak dan waktu yang diperlukan untuk touring.

Jika kalian seorang yang tergabung dengan komunitas, ada baiknya mengadakan musyawarah untuk menentukan tujuan touring. Setelah ditentukan tujuannya, buat catatan dan tentukan lama waktu touring. Hal ini dapat memudahkan anda menentukan besar budget yang perlu disiapkan.

Jika kalian seorang solo touring, ada baiknya cari informasi lengkap tentang beberapa tujuan terbaik. Setelah membuat catatan kecil, seleksi tujuan terbaik yang akan kalian pilih. Pertimbangkan beberapa hal yang ada di tujuan touring pilihan kalian misalnya; teman atau kerabat yang searah dengan tujuan touring, cuaca dan kondisi jalan, besar budget yang telah disiapkan, mengingat kalian akan melakukan touring seorang diri.



Tentukan rute perjalanan

Setelah menentukan tujuan touring, sekarang kalian harus menentukan rute perjalanan. Disini kalian harus pintar-pintar membaca map. Jangan sampai rute yang kalian pilih malah menyulitkan perjalanan.

Pertimbangkan beberapa hal penting sebelum menentukan rute perjalanan. Yang pertama periksa jalur terbaik untuk mencapai tujuan touring, apakah jalurnya rawan bencana atau rawan kejahatan. Yang kedua periksa apakah ada jalur alternatif tercepat. Yang ketiga pastikan jalur yang kalian pilih memiliki pemandangan bagus agar tidak bosan ketika di jalan nanti. Semua informasi ini banyak tersebar di internet, atau bisa tanya langsung kepada teman yang pernah melalui jalur tersebut.


Nah, itu adalah hal yang harus disiapkan dan diperhatikan ketika akan memulai touring. Ingat, persiapkan segalanya dengan baik agar tidak terjadi masalah ketika sedang touring.


Baca juga: 8 cara mengatasi ngantuk di jalan ketika touring


Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak!
Karena kedewasaan tercermin dari apa yang keluar dari mulut dan perilaku.
Termasuk juga jempol saktimu