Ingin tulisan kamu menghasilkan uang? Klik link inik

Langkah langkah memulai karir menjadi content writer hingga menghasilkan uang dari tulisan

photo by xframe.io

Di artikel sebelumnya…  content writer: profesi yang menjanjikan dimasa depan sudah di bahas tentang potensi berkarir di dunia content writing di masa depan.

Di artikel kali ini kita akan bahas langkah-langkah berkarir di dunia content writing hingga dapat menghasilkan uang. Bahkan tidak menutup kemungkinan menjadi content writer bisa menjadi pekerjaan utama mengingat potensinya di masa depan sangat menjanjikan.

Blogging

Blogging adalah kegiatan menulis di platform blog yang bebas di akses siapapun. Kalian bebas menulis apapun dengan tema sebebas-bebasnya untuk kemudian di publish.

Banyak platform blogging yang dapat kalian gunakan seperti blogspot, wordpress, medium, tumblr, joomla, drupal, dan masih banyak lagi.

Jika kalian masih asing dengan dunia blogging sebelumnya, platform blogging yang bisa kalian gunakan adalah blogspot, wordpress, atau tumblr. Platform tersebut sangat cocok bagi blogger pemula dibandingkan dengan platform lainnya yang lebih dikhususkan untuk professional.

Blogging adalah cara yang ampuh mengasah skill content writing kita. Dengan rutin menulis di blog, hasil content yang kita buat otomatis juga menjadi portfolio kerja kita sebagai content writer.

Itung itung menyelam sambil minum air, belajar menulis konten sekaligus membuat portfolio.

Menjadi contributor writer di platform UGC

Setelah dirasa skill writing kalian sudah OK, langkah selanjutnya adalah mencoba menghasilkan uang dari menjadi contributor writer atau freelance writer di platform UGC (User Generated Content).

Banyak pilihan platform UGC yang mau menerima tulisan kalian, seperti; mojok.co, brisik.id, gerbangredaktur.com

Tentunya masing masing platform memiliki karakter dan tema yang berbeda. Mojok.co memiliki tema opini dan berita yang dikemas dengan unik dan anak muda sekali.

Lain halnya dengan brisik.id yang fokus memberikan informasi tentang seputaran travel and eat seluruh Indonesia. Selain kemampuan menulis yang kuat, dibutuhkan skill editing video dan foto yang mumpuni untuk menjadi contributor writer disini.

Menjadi contributor writer/freelance writer adalah tanda skill menulis kalian sudah mumpuni karena untuk bisa lolos redaksi platform UGC merupakan tulisan yang berkualitas.

Jika kalian berminat menjadi contributor writer di brisik.id, kalian bisa klik disini untuk mengetahui langkah langkahnya.

Menjadi fulltime content writer

Memutuskan menjadi fulltime content writer berarti siap konsisten di dunia content writing. Bisa dibilang, fulltime content writer adalah posisi puncak dalam dunia content writing.

Menjadi fulltime content writer artinya kalian sudah paham kemana arah karir kalian selanjutnya. Apakah kalian akan fokus di dunia blogging atau menjual jasa penulisan content kalian di perusahaan yang membutuhkan.

Jika kalian ingin fokus di dunia blogging, kalian bisa me monetize blog kalian dengan cara memasang iklan atau afiliasi dengan blogger atau perusahaan lain.

Jika kalian ingin membuka jasa penulisan konten, kalian bisa menawarkan jasa kalian di perusahaan atau UMKM yang membutuhkan. Kalian bisa mendapatkan customer potensial di platform LinkedIn dan sejenisnya. Kalian juga bisa langsung mengirimkan penawaran jasa kalian di email perusahaan terkait.

 ..

Itulah tadi langkah langkah memulai karir di dunia content writing hingga dapat menghasilkan uang. Tidak menutup kemungkinan content writer menjadi pekerjaan idola di masa depan mengingat kebutuhan pasar digital sangat luas di masa 10 tahun kedepan.

Sangat menguntungkan jika kita mampu menguasai salah satu skill digital mengingat perkembangan dunia digital sangatlah cepat.

Segera pelajari dan kuasai skill digital sebagai investasi masa depan!


Baca juga: menjadi content writer: tantangan, skill, dan potensinya

 


Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak!
Karena kedewasaan tercermin dari apa yang keluar dari mulut dan perilaku.
Termasuk juga jempol saktimu
© Lifestyle. All rights reserved. Developed by Jago Desain